Rabu, 06 Juni 2012

8 Tips Mencegah Jerawat

Saya akan membagikan beberapa tips untuk Mencegah Jerawat agar tidak kembali lagi, mudah-mudah setelah anda membaca tips dan mempraktek mendapatkan hasil yang maksimal. Tanpa banyak kata lagi langsung saja anda lihat tipsnya dibawah ini:

     1. Jagalah kebersihan wajah anda.  Apakah anda sering berjerawat atau pernah memilki jerawat, yang terpenting dari itu semua adalah selalu mencuci wajah anda setiap hari untuk menghilangkan kotoran atau debu di wajah
anda, sel kulit yang mati dan keluarnya minyak berlebih dari permukaan kulit. Gunakan air hangat serta pembersih wajah atau fasial yang lembut. Jangan menggunakan sabun yang keras (seperti sabun deodoran tubuh) karena dapat melukai kulit yang sudah meradang dan menyebabkan iritasi lebih lanjut.
Hindari menggosok kulitmu dengan waslap kasar atau sejenisnya. Sebaliknya cucilah wajah anda dengan kain yang sangat lembut.selalu membilas dengan baik dan keringkan wajah menggunakan handuk yang bersih.

    2. Melembabkan (Moisturize). Banyak produk jerawat topikal mengandung bahan yang mengeringkan kulit, jadi selalu gunakan pelembab yang meminimalkan kekeringan dan kulit mengelupas. Pelembab yang berbahan dasar gel biasanya bekerja dengan baik untuk kulit berminyak. Jika Anda memiliki kulit kering, cobalah krim pelembab atau lotion. Kulit kombinasi mungkin perlu dua produk (krim atau lotion untuk bagian kering; gel untuk bagian berminyak). Selalu hidrat kulit Anda dengan air sebelum Anda melembabkan itu.
    3. Coba produk over-the-counter jerawat.  Topikal (yang dioleskan pada kulit) produk jerawat mungkin mengandung bahan-bahan seperti benzoil peroksida, agen antibakteri dengan efek pengeringan, atau asam salisilat, agen yang sloughs dari kulit dan menghilangkan bakteri. Mulailah dengan jumlah kecil pada awalnya. Kemudian menambah atau mengurangi jumlah dan seberapa sering Anda menerapkannya, tergantung pada seberapa banyak mengupas atau pengeringan kulit Anda. Gunakan salep dengan hati-hati jika Anda memiliki kulit sensitif. Benzoil peroksida dapat menyebabkan kemerahan dan skala dari kulitmu.

     4. Gunakan makeup sesuai kebutuhan. Saat anda dirumah sebaiknya tidak menggunakan makeup ,dan biasakan untuk mencuci muka dengan air hangat . supaya pori-pori terbuka agar kotoran didalamnya keluar tanpa ada yang tertinggal. Pilihlah makeup sesuai jenis kulit anda ,bila memungkinkan, pilih yang bebas minyak juga tanpa pewarna tambahan dan bahan kimia. Jangan untuk selalu membaca daftar bahan pada label produk sebelum membeli.

     5. Perhatikan rambut Anda. Karena salah satu penyebab jerawat. Terutama untuk wanita yang rambutnya panjang untuk selalu membersihkannya dari kotoran debu yang terperangkap. Karena bila rambut terus menerus menempel di wajah dan berminyak pula, hal ini dapat menyebabkan wajahmu berjerawat. Sebaiknya anda untuk rutin mencuci wajah agar terhindar dari wabah penyakit kulit (jerawat)

     6. Jauhkan tangan Anda dari wajah . Hindari menyentuh wajah atau menopang pipi atau dagu. Sebab telapak tanganmu tidak hanya dapat menyebarkan bakteri, juga dapat mengiritasi kulit wajah yang sudah meradang hal ini dapat mengakibatkan infeksi kulit wajah anda.

    7. Jaga keseimbangan gizi makanan Anda. Kebanyakan ahli setuju bahwa makanan tertentu, seperti coklat dan keripik, tidak memicu wabah jerawat. Lebih baik  banyak makan buah-buahan segar dan sayuran dan biji-bijian untuk diet Anda. Beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan bervitamin A dan beta-karoten dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Wortel, ubi jalar, melon,buah  aprikot, kangkung, dan bayam mempunyai kandungan beta-karoten yang tinggi, tipe vitamin A yang dihasilkan oleh tanaman ini.

     8. Perbanyak olahraga. Dengan berolahraga dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuhmu. Gunakan pakaian olahraga yang tidak menimbulkan iritasi pada kulitmu dan timbulnya bakteri,seperti topi, kacamata menyebabkan keringat keluar berlebihan. Dan untuk selalu mandi setelah melakukan kegiatan apa pun.

Setelah membaca 8 Tips Mencegah Jerawat ada baiknya anda untuk mencoba melihat postingan sebelumnya  mengenai Cara Alami Menghilangkan Jerawat mungkin saja anda juga membutuhkan  informasi tersebut.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar