Sabtu, 22 September 2012

Macam-macam jerawat


Macam-macam jerawat

Faktor pemicu jerawat jadi bernanah umumnya dikarenakan infeksi. Infeksi dapat dikarenakan dari luar tubuh ataupun dari didalam tubuh. Buat menghindar infeksi, janganlah menyentuh jerawat, namun kerjakan perawatan sekurang-kurangnya bersihkan muka 2x 1 hari dengan sabun spesial muka. Minumlah air putih sekurang-kurangnya 8 gelas 1 hari dan kurangi makanan yang mengandung minyak tinggi. Mengonsumsi vit. C tiap-tiap hari.  Jerawat juga memiliki tingkat dan jenis-jenis yang berlainan, nyatanya jerawat bukan sekedar tumbuh di wajah saja, tetapi dapat tumbuh di bagian tubuh selainnya, layaknya dada, punggung dan lain-lain. Di bawah ini yaitu macam-macam atau type jerawat, salah satunya :


1. Jerawat klasik ( jerawat biasa )

Jerawat biasa gampang dikenali dan dipandang yaitu nampak tonjolan atau bintik merah atau pink, saat jerawat itu baru tumbuh. Pemicunya yaitu stress, polusi udara, dampak samping dari kosmetik dan kondisi kulit yang lembab dan berminyak hingga menyebabkan produksi minyak berlebih yang jadi area berkembangbiaknya bakteri dan kuman, hingga pori-pori terhalang dikarenakan terinfeksi dengan bakteri.

2. Cystic acne ( jerawat batu/jerawat jagung )

Pada jerawat batu wujud jerawat ini menonjol meradang hebat, dan bisa ditemui nyaris di lebih dari satu area wajah berlainan dengan jerawat biasa yang cuma nampak dibagian spesifik saja. Jerawat batu ini akan buat si penderita jadi tidak nyaman dan kurang yakin diri. Umumnya dikarenakan faktor genetika, yaitu :
  • A. Produksi kelenjar minyak yang berlebihan hingga pori-pori kulit jadi berminyak.
  • B. Perkembangan atau perubahan sel-sel kulit nati yang tidak berjalan normal, hingga regenerasi dari sel kulit tidak bisa bergantung dengan normal.
  • C. Respon yang berlebihan terhadap peradangan dan meninggalkan bekas jerawat.
3. Komedo komedo terdiri dari 2 type, yaitu 

Pertama komedo yang terbuka ( blackhead ) tampak layaknya pori-pori yang masih membesar dan menghitam ( warna yang menghitam tersebut yaitu penghalang pori yang beralih warna karena teroksidasi dengan udara ). Komedo yang tertutup ( whitehead ), mempunyai kulityang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat, hingga tampak layaknya tonjolan putih kecil-kecil di bawah kulit. Jerawat type komedo ini dikarenakan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Perihal ini dapat terjadi dikarenakan kurangnya perhatian dan kepedulian akan kebersihan wajah hingga sel-sel kulit mati tertimbun dan minyak di permukaan kulit yang sesudah itu menutup sel-sel kulit, lantas terjadilah penyumbatan. Pemakaian make up dan produk penataan rambut yang mengandung minyak juga bisa memperburuk kondisi kulit.

Komedo terjadi dikarenakan pori-pori kulit wajah yang tersumbat. Bila kondisi stress akan menambah produksi sebum hingga menambah populasi bakteri p. Acnes, dan bisa meningkatkan hidrolisis asam lemak jemu. Disebabkan adanya sumbatan pada pori-pori kulit, aliran sebum ini akan terhalang hingga dengan gampang wajah jadi padat di permukaan pori-pori kulit, sumbatan yang berwarna putih inilah yang disebut komedo.

3. Jerawat radang

Jerawat radang atau yang biasa dikenal jadi jerawat batu, jerawat ini terjadi dikarenakan folikel yang ada didalam kulit, kulit akan membengkak dikarenakan diisi lemak padat dan berkumpulnya sel darah kulit ke folikel sebasea, dan terjadinya reaksi radang. Tetapi bila dikeluarkan dengan paksa akan mengakibatkan kerusakan jaringan kulit, ditambah seandainya tangan yang dipakai buat memencet jerawat itu kotor, jadi bakteri akan masuk dan memperparah kondisi kulit wajah dan jerawat itu sendiri. Wujud jerawat ini besar dan cuma berwarna merah saja dan terasa cukup sakit sekali.

4. Jerawat konglobata

Pada prinsipnya kewaspadaan dan kepedulian akan kebersihan tubuh amat perlu. Tetapi buat type jerawat satu ini akan gampang menunmpuk jadi satu hingga membentuk gelombang diisi bisul duit di penuhi nanah, kulit wajah jadi keras dan rusak dan meninggalkan bekas jerawat yang amat kronis.

5. Jerawat dada dan punggung

Jerawat yang timbul bukan sekedar di wajah, tetapi juga ada pada area dada, punggung. Jerawat di dada dan punggung timbul dikarenakan peningkatan hormon testosteron yang ada didalam darah kita.pada biasanya jerawat tumbuh dan timbul di wajah, tetapi adapula jerawat yang timbul di luar wajah yaitu di punggung dan banyak pula dialami bukan sekedar pada wanita namun juga pria, tetapi jerawat dipunggung timbul tidak sejumlah pada wajah. 

Ada lebih dari satu faktor pemicu jerawat nampak dipunggung, salah satunya :
  1. Terganggunya proses pelepasan kulit mati padakelenjar keringat
  2. Produksi kelenjar minyak yang berlebihan
  3. Adanya faktor genetika layaknya keturunan
  4. Faktor hormonal layaknya pola makan, pola hidup, kulit tubuh yang peka, gampang berjerawat, pemakaian lotion body yang berlebihan dan stress


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar