Kamis, 20 September 2012

Sebab Akibat Munculnya Jerawat


Sebab  Akibat Munculnya Jerawat

Penjelasan dari kalangan kedokteran menyebut penyakit jerawat jadi acne vulgaris ( jerawat umum). Kata acne mungkin datang dari kata yunani akme, yang artinya titik.

Penyakit jerawat ( acne ) ini barangkali enteng-enteng saja. Tidak membahayakan, namun menyebalkan terlebih buat kelompok umur usia muda yang umumnya jadi korban. Apa sih sebab-sebab timbulnya jerawat dipermukaan kulit, dan lantas bagaimana cara menangani jerawat tersebut ?

Susan ( nama samaran ) jadi amat gelisah dikarenakan mempunyai masalah dengan jerawat. Terlebih, pada umurnya yang ke-23 jerawat susan terus subur. Kadang-kadang sembuh, tidak lama sesudah itu kambuh. Mengakibatkan ia jadi gadis minder. Ia jarang bergaul dengan rekan pria, dikarenakan senang diolok-olok, hmm … kasihan.


Sebanyak obat tradisional ataupun obat moderen, terhitung yang dari dokter pun tidak dapat memuluskan wajahnya yang berjerawat sejak umur 16 th.. Gampang dipahami bila ia kerap iri pada saat lihat wajah gadis seusia dirinya licin dan mulus. Jerawat “kurang ajar” itu benar-benar senang menyerang remaja usia 15 – 23 th.. Walaupun bukan hanya terhitung penyakit menular atau mengancam jiwa, namun kemunculannya kerap merepotkan. Ada mitos bahwa jerawat akan sembuh atau hilang sendiri sesudah pemiliknya menikah, apakah benar ?

Sedikit banyak mitos itu ada benarnya. Timbulnya jerawat diantaranya benar-benar ada hubungannya dengan factor hormonal. Sejak memasuki waktu pubertas, beraneka macam perubahan terjadi didalam tubuh seseorang yang diantaranya dikarenakan oleh hormon, terlebih androgen. Hormone yang semakin banyak pada pria dan sedikit pada wanita ini sangat berperanan atas timbulnya jerawat pertama.

Sepanjang masa pubertas produksi androgen meningkat hingga kelenjar lemak, sebaceous gland, jadi lebih aktif memproduksi palit (cairan berbentuk lemak yang berperan melindungi permukaan kulit dan rambut terus lentur, mengkilap, dan tidak tembus air, dan menghindar masuknya bakteri melalui pori-pori ).


Jerawat sangat kerap nampak di kulit wajah, leher, dada maupunggung. Pokoknya pada tubuh bagian atas, mengapa ? Pada kulit muka, punggung, leher dan dada sangat banyak ada kelenjar lemak, yakni seputar 400 – 500 per cm². Namun di bagian tubuh lain cuma seputar 100 per cm².

Tumbuhnya jerawat sesungguhnya bukan sekedar dikarenakan dampak hormonal, namun juga umpamanya makanan yang kandungan lemaknya tinggi, layaknya coklat, keju, goring-gorengan, Kacang tanah dan lain-lain. Lantas mikro organisme, atau karena lain layaknya penggunaan Kosmetik yang salah, mengonsumsi obat yang mengandung kortikosteroid, atau lingkungan yang Kurang sehat dan lain-lain.

Tidak semua ras di dunia ini sempat disibukkan oleh masalah jerawat. Orang jepang umpamanya, pada biasanya kulit wajahnya selalu mulus bebas dari jerawat, karena tak hanya dikarenakan Faktor genetika ( keturunan ), juga iklim. Di negeri itu dengan umum kelembaban udaranya rendah.

Keadaan iklim benar-benar sedikit banyak merubah tumbuhnya jerawat. Sepanjang musim Kemarau di negara tropis layaknya indonesia, kondisi jerawat biasanya lebih kronis dari pada Di musim hujan. Kelembaban yang tinggi bisa memperburuk kondisi jerawat, terlebih jikalau diimbangi dengan suhu udara yang tinggi.diluar itu, spesial untuk kaum hawa, jerawat dapat tiba-tiba nampak satu dua biji terlebih di pipi dan dagu, menyambut haid atau menstruasi. Namun jerawat tersebut akan hilang demikian haid selesai. Tetapi bisa menjadi kronis jikalau diikuti oleh ketegangan emosional. 

Kemunculannya telah pasti dikarenakan faktor hormonal yang bekerja lebih aktif menyambut waktu haid.wanita yang masih mengandung maupun yang masih minum pil anti hamil pun kadang-kadang Dihinggapi jerawat. Pil kb benar-benar dapat ber-efek demikian terlebih pada 5 bln. Pertama Penggunaan dikarenakan dampak hormon progesteron didalamnya.

Nah, jadi janganlah heran, jikalau ada orang berumur 40-an kok masih jerawatan, barangkali bukan hanya dikarenakan oleh faktor hormonal namun oleh sebab-sebab timbulnya jerawat yang lain. Lebih dari satu makanan pemicu jerawattidak ada orang yang menyukai jerawat, terlebih kaum wanita, mereka amat memusuhi jerawat. Wanita dapat tiba-tiba senewen bila nampak satu saja jerawat dipipinya. Sebenarnya, yang disebut jerawat itu apa sih ?

Timbulnya jerawat karena pori-pori kulit yang tersumbat disebabkan kelenjar minyak yang sangat aktif. Buat mengurangi kelenjar minyak yang sangat aktif itu, tidak ada salahnya kita hindari lebih dari satu makanan pemicu jerawat. Di bawah ini lebih dari satu makanan yang dianggap dapat mengakibatkan timbulnya jerawat


Cokelat Dan Gula

Di antara makanan yang dikira banyak mengakibatkan jerawat mungkin yaitu cokelat. Laporan archives of dermatology mengatakan bahwa makanan yang memiliki skala glycemic index tinggi, umpamanya karbohidrat olahan misalnya gula dapat mengakibatkan munculnya jerawat dikarenakan menambah kandungan hormon.

Susu

Sebanyak penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi susu yang tinggi ada hubungannya
Dengan timbulnya jerawat. Di antaranya yaitu penelitian dari harvard yang mengatakan bahwa remaja yang mengonsumsi susu di atas dua gelas setiap hari punya potensi semakin banyak diserang jerawat. Ini karena pesatnya jumlah hormon yang berikut akan menyumbat kelenjar sebaceous di kulit.

Yodium

Makanan pemicu timbulnya jerawat yang selanjutnya yaitu yodium. Yodium umumnya terkandung pada kerang dan ikan laut, karena yodium benar-benar banyak ada di air laut. Lebih dari satu type makanan kaleng yang mempunyai komponen garam beryodium juga dapat jadi sumber makanan pemicu jerawat.

Alkohol Dan Kafein

Mengonsumsi alkohol bisa mengakibatkan meningkatnya jumlah hormon, terutama testosteron yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat semakin banyak. Tak hanya alkohol, kafein juga ditengarai adalah makanan pemicu jerawat dikarenakan bisa meningkatkan kandungan hormon yang dihasilkan tubuh. Sebanyak makanan yang mengandung kafein salah satunya yaitu kopi, teh, cokelat dan minuman mudah.

Makanan Yang Mengakibatkan Alergi

Alergi terhadap makanan spesifik terlebih susu dan telur kerap menyebabkan problem pada kulit. Timbulnya jerawat disebabkan system kekebalan tubuh yang hendak membendung racun yang dirasakan. Seorang ahli alergi sudah mengidentifikasi dan membetulkan adanya korelasi pada alergi makanan dengan jerawat.

Sayur Dan Buah Yang Berbentuk Asam

Tingkat keasaman tubuh juga bisa menjadi pemicu jerawat, dikarenakan itu kudu dijauhi. Lebih dari satu sayuran dan buah-buahan yang berbentuk asam bisa menyebabkan timbulnya jerawat, layaknya jeruk, mentimun, wortel dan daun selada.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar